Tips dan Cara Membuat Selai Nanas Sendiri di Rumah

Saat ini..harga nanas di pasaran sudah mulai melambung..1 buah bisa 4 ribu rupiah..wah..memang..buah nanas ini sangat populer ketika mau masuk bulan puasa gini..ketika buah ini banyak di buru untuk pembuatan selai nanas, untuk isian nastar. Nastar adalah kue kering klasik yang wajib ada dan selalu di gemari untuk suguhan kue kue Lebaran. Dari semua kalangan..pasti ada salah satu kue yang di suguhkan adalah kue nasta..dari kelas premium yang memakai butter mahal..dan per toplesnya 100 ribu lebih..sampai dengan nastar yang kelas grosiran yang kadang keras dan selainya dikit banget.

Sebenarnya..kalau aku kunci nastar yang enak, selain kulitnya yang empuk ngeprul..juga kualitas isi selai nanasnya sangat menentukan. jadi..daripada beli selai nanas siap pakai yang ada di pasaran..lebih baik bikin selai nanas sendiri untuk isian nastar  ini..lebih enakk..!

Membuat selai nanas sangatlah mudah, jadi..jika teman2 suka kue nastar..lebih baik segera hunting nanas sekarang untuk di buat selai..soalnya nanti semakin dekat Lebaran harga nanas semakin melambung dan juga kualitasnya jelek..biasalah..karena banyak permintaan..biasanya terus masih muda pun nanan sudah di panen.
nah yang mau buat selai nanas sendiri..aku kasih sedikit tip2 nya..biar hasil selainya tambah oke.

Tips membuat selai nanas :
– Pilihlan nanas yang matang benar, berwarna kuning tua..dan nampak ranum segar, agar aroma selainya semakin harum wangi nanas matang.
– Parut nanas dengan paritan keju yang tajam, sehingga lebih mudah daripad amemakai parutan kelapa..karena kadang2 kita takut ya..tangan kita keparut kalau pakai parutan kelapa..nah kalau pakai parutan keju..lebih aman..dan nggak capek marut nanasnya..^^
– Jangan memblender nanas  yang mau di buat selai..karena akan butuh air, jadi nanti akan semakin lama proses memasaknya..karena di parut saja, kandungan air nanas sudah cukup tinggi.
– Panaskan nanas terlebihdahulu..tanpa di campur gula dengan api sedang sampai air nanasnya menguap / menyusut, baru masukkan gula dan kayu manis, hal ini akan mempercepat proses pembuatan selai nanas. Lalu masak hingga selai kesat dan kering.
– Jangan lupa tambahkan sedikit garam, agar rasa selai nanasnya makin enak.
– Jika ingin selai nanas yang semakin kesat dan kering, ratakan di loyang tipis2, kemudian panggang sebentar di oven.
– Bentuk bulat2 kecil selai nanas yang sudah siap..agar lebih mudah sewaktu memasukkan ke dalam kulit nastar dan ukurannya bisa seragam. Semoga bermanfaat..

Oke..udah jelas kan tips2 dan cara membuat selai nanas sendiri di rumah teman2..mudah saja kok..oh ya..perbandingan nanas dan gula sesuai selera aja ya..salah satu contoh resep selai nanas yang sering ku buat begini nich :

Resep Selai Nanas buatan Sendiri
Bahan :
– 500 gram nanas parut
– 100 gram gula pasir ( ssesuaikan selera saj aya kalau soal manis dan tidaknya selai, karena tergantung nanas yang kita gunakan juga..udah manis atau belum )
– 1/8 sendok teh garam
– 3 cm kayu manis batangan

Cara Buat. :
Masak nanas hingga air kering dan menyusut, baru masukkan gula , kayu manis dan garam, aduk terus hingga kesat dan kering. Selai nanas ini bisa di simpan di wadah kedap udara..lalu taruh kulkas..ajdi bisa di gunakan nanti pas mau bikin nastar buat Lebaran..biasalah…kalau kita buatnya deket2 Lebaran.

Kalau nanas di masak dulu tana gula..akan lebih mudah menyusut kandungan airnya, beda jika langsung di tambahkan gula..akan semakin lama proses pembuatan selainya. Liat foto di bawah ya..nanas yang sudah di masak dan kandungan airnay udah menguap..