Category Archives: Umum

Resep Bubur Sumsum Sederhana dan Enak Banget

Sebelumnya saya pernah berbagi resep martabak telur yang lezat dan cara membuatnya pun tergolong mudah banget. Kali ini, saya akan berbagi resep yang tak kalah enaknya, yaitu resep bubur sumsum. Dengan lumuran saus kinca, bubur sumsum ini akan memenajakan lidah anda, wuuus alay nih. ūüėÄ

Baiklah, simak betul-betul yah langkah-langkah berikut ini untuk membuat bubur sumsum beserta saus kincanya :

Bahan :
– 4 sendok makan tepung beras
– 1/2 sendok teh garam
– 500 ml santan
– 2 lembar daun pandan

Bahan kinca :
– 100 gram gula merah
– 1 sendok makan gula putih
– 100-150 ml air
– Garam secukupnya

Langkah-langkah :
– Buat terlebih dahulu saus kincanya. Rebus semua bahan kinca hingga mendidih dan tektur adonannya mengental, kemudian sisihkan.
– Masukkan tepung beras, santan, garam dan daun pandan, lalu aduk hingga tercampur rata dan tepungnya larut. Masak menggunakan api sedang, aduk kembali hingga adonan mengental dan kalis, kemudian matikan api.
– Setelah buburnya sudah matang, taruh buburnya ke dalam mangkok yang telah disediakan. Tuangkan adonan kincanya, lalu santap dan nikmati bubur sumsum kreasi anda.

Lembutnya tekstur bubur sumsum ini terasa sekali di mulut. Ditemani dengan saus kinca, membuat cita rasanya semakin lezat. Oh yah, anda juga bisa kok menggunakan santan untuk sausnya.

Resep Membuat Sambal Tomat yang Pedasnya Khas Banget

Sambal merupakan sahabat bagi semua makanan, yaah meskipun tidak semua makanan dapat disandingkan dengan sambal sih, hehehe. Aneka sambal yang akan saya bagikan kali ini adalah sambal tomat.

Sebelumnya kita sudah pernah mencoba kerabat dekat dari sambal tomat ini, yaitu sambal bajak. Sama halnya dengan sambal bajak, sambal tomat ini dapat anda sandingkan dengan berbagai jenis hidangan seperti ayam goreng, tempe bacem dan aneka bakwan. Langsung saja deh, simak langkah-langkah membuatnya sebagai berikut :

Bahan-bahan:
– 15 buah cabai merah keriting
– 2 buah cabai merah besar
– 40 gram gula merah, diiris
– 2 buah tomat
– 2 buah terasi kotak kecil (sachetan)
– 2 siung bawang putih
– 3 siung bawang merah
– 1 sendok teh garam
– 2 sendok makan gula

Cara membuat sambal tomat:
– Pertama-tama kita cuci bersih cabai dan tomat terlebih dahulu, kemudian potong agar nanti nguleknya jadi lebih mudah. Kemudian kupas bawang dan goreng terasi kurang lebih 2 menit dan sisihkan
– Setelah itu, goreng juga tomat, cabai dan bawang sampai layu. Kemudian ulek tomat, cabai, bawang dan juga terasi hingga halus.
– Tambahkan gula merah, garam dan gula. Jika rasanya belum pas, silakan ditambahkan sesuai selera. Sambal tomat pun sudah siap disantap bersama keluarga tercinta.

Baiklah, semoga dengan resep sambal tomat yang telah saya bagikan diatas, anda dapat membuat sendiri sambal tomat buatan tangan anda sendiri. Hарру cooking dan tetap kunjungi terus blog sederhana saya ini yaah.

Resep Membuat Kue Lapis Super Enak dan Lezat

Salah satu kue khas Indonesia ini sudah banyak dikenal dan sangatlah populer. Umumnya kue lapis ini terdiri dari dua warna atau lebih yang berlapis-lapis. Bahan-bahan untuk membuat kue ini terdiri dari tepung beras, tepung sagu/ tapioka, santan dan bahan lainnya.

Setiap lapis biasanya mempunyai warna beraneka ragam dan warna yang sering digunakan adalah hijau dan merah. Saya suka sekali dengan kue ini tapi saya sedikit gimana gitu kalau memegangnya, mungkin karena berminyak ituloh. Hehehe, makan doyan, megang aja pakek risih-risih segala. ūüėÄ

resep cara membuat kue lapis sederhana
Bahan-bahan :
– 275 gram tepung beras
– 75 gram tepung sagu/tapioka
– 300 gram gula pasir
– 3 lembar daun pandan
– 950 ml santan
– 1 sendok teh pewarna makanan hijau
– 1 sendok teh pewarna makanan merah
– 1 sendok teh garam
– 1 sendok makan minyak goreng

Langkah-langkah membuat kue lapis
– Pertama-tama masak santan, garam dan daun pandan hingga mendidih, kemudian diamkan sampai hangat. Di wadah yang berbeda (mangkuk berukuran besar), campur tepung beras, tepung sagu, gula, tuangi santan yang sudah hangat tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga gula larut dan adonan tercampur rata.
– Setelah itu, bagi adonan menjadi 3 bagian dan beri warna masing-masing sesuai selera anda. Siapkan loyang berukuran 20 x 20 cm, olesi dengan minyak (jangan terlalu banyak), kemudian panaskan dalam panci kukus.
– Tuangkan kurang lebih 50 ml adonan warna pertama, tutup panci pengukus dan tunggu hingga 5 menit. Tumpangi dengan adonan warna kedua, tutup panci pengukus dan tunggu kembali hingga 5 menit. Demikian seterusnya sampai adonan habis.
– Kukus hingga matang, kira-kira membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Setelah matang, angkat, potong-potong, dan sajikan.

Semoga anda berhasil membuat kue lapis yang lezat ini. Dalam resep yang saya bagikan di atas, saya menggunakan warna hijau dan merah. Anda bisa menggunakan kombinasi warna sesuai selera anda.

Cara Membuat Kue Kering Lebaran

Resep kue kering yang paling banyak dicari dan dibuat untuk persiapan lebaran adalah kue coklat, keju, kacang dan juga kue Nastar yang bentuknya bulat dengan balutan kuning telur di atasnya dan juga selai nanas di tengahnya. Dan dari semua yang disebutkan, kue yang menggunakan campuran cokelat lah yang paling banyak dibuat, sudah tentu karena mulai anak-anak hingga dewasa menyukai rasanya. Bahan utamanya adalah mentega dan terigu. Dua paduan bahan inilah yang paling banyak digunakan saat membuat kue kering, selain telur dan pelengkap lainnya. Rasa dari hasil bikinnya sangat ditentukan oleh pemilihan bahannya dan juga takaran dari tiap bahan yang digunakan. Pastikan menggunakan terigu yang masih baru, jangan yang sudah berkutu atau disimpan beberapa minggu karena yang namanya terigu umumnya hanya bertahan dalam beberapa hari, adapun mentega sekalipun punya daya tahan yang lebih tapi tetap saja disarankan menggunakan yang bentuknya kalengan dan baru saja dibeli karena jika sudah tua dan mengeluarkan bau tengik tentu akan merusak aromanya.
4 Resep Kue Kering Terpopuler dan Cara Membuatnya

Kevalidan macam-macam resep kue lebaran di bawah ini sudah dijamin Caraspot, mulai dari bahan dan takarannya karena itu semua mempengaruhi rasa dan aromanya saat dimakan. Perlu anda ketahui bahwa kue ini bukan hanya untuk keperluan hari raya, selain itu anda juga bisa membuatnya untuk tujuan acara tertentu lainnya seperti pernikahan dan acara penting lainnya, atau bahkan bisa untuk tujuan bisnis. Sudah banyak ibu rumah tangga yang awalnya hanya untuk memenuhi kebutuhan keluarga tapi akhirnya menjadikannya sebagai lahan bisnis yang hasilnya bahkan bisa mengalahkan penghasilan suami setiap bulannya. Tapi semua tergantung ketekunan masing-masing, terutama pada tahap pemasarannya yang dianggap banyak orang sebagai rintangan yang berat.

1.  Resep Kue Kering Coklat Sederhana
Dikatakan kue coklat karena warnanya yang dominan, selain itu karena dalam proses pembuatannya juga ditambahkan banyak coklat bubuk yang merubah adonananya dari warna putih kekuningan menjadi coklat pekat.

Bahan-bahan:
– 150 grm mentega margarin yang masih baru.
– 100 grm gula pasir yang berbentuk tepung atau telah dihaluskan. Sebaiknya menghaluskannya menggunakan alat agar lebih lembut.
– 1 btr telur ayam utuh, yakni putihnya dan kuningnya digunakan bersamaan.
– 1 btr telur, kuningnya saja, sedang putihnya tidak dimasukkan.
– 225 grm tepung terigu yang kandungan proteinnya sedang.
– 25 grm coklat berbentuk bubuk, di toko kue banyak yang menyediakannya, bisa dibeli per kilogram untuk yang bentuknya curah atau langsung per bungkun untuk yang bermerek.
– 30 grm tepung maizena. Umumnya ini dijual dalam bentuk kemasan dan hampir semua brand cocok digunakan, jadi silahkan gunakan yang mana saja.
– 1/2 sdt baking powder. In fungsinya agar kue kering terasa lebih garing saat digigit.
– 50 grm rice crispy
– 100 grm coklat masak putih, agar memberi tampilan lebih berwarna maka cukup dengan dicincang kasar.

Tips:
Untuk variasi kue kering coklat yang anda buat maka sebaiknya tambahkan campuran bahan yang menyatu dengan adonannya nanti, seperti kenari, kacang tanah, rempah, keju dan juga choco chip yang lebih umum digunakan. Tapi ada juga beberapa yang membuatnya dengan variasi warna agar lebih tampil menarik, misalnya dengan dicelup ke dalam coklat putih, atau pun dibuat dalam bentuk 2 warna yang lebih inspiratif.

Cara membuat:
– Awalnya mulai dengan mengocok bahan margarin bersama gula pasir bubuknya kurang lebih 40 detik.
– Selanjutnya, tambahkan telur ke dalamnya, baik yang menggunakan putih telur maupun yang hanya kuningnya saja. Lalu kocok hingga rata lagi.
– Berikutnya masukkan tepung terigu dan juga coklat bubuk sesuai takaran yang disebutkan di atas, tambahkan lagi tepung maizena, dan juga baking powder tapi sambil diayak guna menghindari kotoran kasar yang masih bercampur dengan tepungnya, dan tinggal diaduk hingga rata dan semua bahan tercampur sempurna.
– Lalu masukkan coklat masak putih dan juga rice crispy yang telah disediakan. Aduk sampai rata lagi.
– Nah, jika telah terlihat kalis dan adonan kue keringnya tampak sudah menyatu semua dan tak ada lagi yang menempel di sisi baskom atau wadah pengadukannya, maka tinggal dibentuk saja dan letakkan di atas loyang.
– Panggang dalam oven selama 30 menit lamanya dengan suhu kurang lebih 150 derajat Celsius, tapi bila tidak menggunakan oven listrik, melainkan dengan kompor minyak maka sebaiknya gunakan api sedang saja dan lapisan oven bawahnya dikosongkan saja agar tidak mudah gosong.

Tips untuk menghasilkan kue kering yang enak dan garing
– Agar kue kering yang telah matang tidak lengket di loyang maka sebaiknya diolesi margarin atau mentega terlebih dahulu secara merata.
– Agar masaknya rata dan tidak ada yang gosong maka caranya dengan menukar posisi kue yang sudah terlihat hampir matang dengan yang masih tampak putih belum kecoklatan.
– Untuk menghindari memasukkan telur rusak dalam adonan kue lebaran anda maka caranya dengan menaruh ke dalam mangkuk terlebih dahulu baru kemudian mencampurnya.
– Dalam resep kue kering ini sangat disarankan untuk menghindari menyimpan kue dalam toples tertutup sedang kondisinya masih panas. Caranya, setelah matang letakkan terlebih dahulu di atas nampan yang telah dialasi dengan kertas, dan setelah dirasa dingin betul barulah dimasukkan dan ditutup rapat.

OBAT DIABETES TIDAK HARUS MAHAL, GUNAKAN BAWANG MERAH

Penyakit diabetes makin marak saja saat ini. Seakan tanpa pandang usia baik muda maupun para lansia. Maka sebaiknya waspadai gejala awal tanda-tanda anda terkena diabetes. Gejala awalnya biasanya ditandai dengan penurunan indra penglihatan, berat badan berkurang, badan mudah lelah, mudah merasa haus, dan sering kencing dalam jumlah banyak. Jika anda merasa mengalami salah satu gejala tersebut sebaiknya segera memeriksakan diri.

Obati diabetes dengan bawang merah

Bawang Merah sebagai Obat Diabetes
Diabetes atau penyakit kadar gula yang berlebihan di dalam tubuh merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena terlalu sering mengkonsumsi makanan yang manis. Budaya di Indonesia dimana harus minum teh hangat kental dan manis sudah menjadi tradisi. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab dari penyakit diabetes. Mengkonsumsi nasi yang masih panas juga mampu menyebabkan diabetes karena di dalam nasi panas mengandung gula yang tinggi.
Oleh sebab itu saat ini banyak orang Indonesia yang menderita penyakit gula atau diabetes. Kebiasaan mengkonsumsi makanan atau minuman manis harus dikurangi karena penyakit diabetes tidak muncul begitu saja melainkan muncul dalam jangka waktu panjang selama puluhan tahun baru dapat diketahui gejalanya.
Bagi anda yang memiliki penyakit diabetes atau gula ini bisa menggunakan bawang merah sebagai obatnya selain alami dan mudah ditemukan dimana saja, menggunakan bawang merah sebagai obat juga lebih aman dibandingkan dengan menggunakan obat dari pabrik yang memiliki efek samping buruk bagi tubuh. Cara kerja bawang merah sebagai obat diabetes yaitu karena zat yang terdapat di dalam bawang merah mampu mempengaruhi metabolism gula dalam hati dan menekan kadar gula dalam tubuh. Penelitian ini sudah dilakukan sejak dahulu oleh para peneliti di india dengan menggunakan objek kelinci percobaan. Hasilnya sangat mengejutkan karena kadar gula dalam tubuh kelinci menjadi turun signifikan.
Anda bisa mengkonsumsi bawang merah sebagai obat dengan mudah karena tidak ada efek sampingnya bagi tubuh. Namun, sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi bawang merah mentah dalam jumlah banyak melainkan secukupnya saja dan dilakukan secara rutin. Anda juga harus mengimbanginya dengan tidak mengkonsumsi makanan atau melakukan kegiatan yang dapat menaikkan gula darah. Karena akan mubazir jika anda melakukan pengobatan namun anda tetap melakukan hal yang dapat menyebabkan penyakit tersebut muncul. Lakukanlah cek kesehatan secara rutin pada dokter untuk mendapatkan resep yang sesuai dengan kadar gula yang anda miliki. Baca juga Cara diet cepat dalam seminggu.
PENYEBAB DIABETES 
Ada banyak hal yang memanglah jadi penyebab paling utama seorang terserang diabetes. Salah satunya yakni karena berat tubuh berlebihan dengan kata lain obesitas, usia lanjut, serta faktor genetik yang berarti bersumber dari keturunan diabetes.
Type diabetes sendiri ada dua berdasar pada manfaat pangkreasnya. Jesnis pertama yakni pasien diabetes alami masalah pada manfaat pankreas, hingga pankreas tidak dapat membuahkan insulin lagi. Type ke-2 yakni pasien diabetes yang pankreasnya masih tetap berperan namun sel badan tidak dapat mengenalinya dengan benar. Keduanya keduanya sama beresiko pada metabolisme badan dalam menyerap glukosa serta mengolahnya.
 
PENCEGAHAN DIABETES SEJAK DINI 
Diabetes dapat dihindari dengan mengaplikasikan gaya hidup sehat tentu. Salah satunya yakni :
Melindungi agar berat tubuh terus ideal
Berolahraga dengan teratur dapat juga menghindar diabetes
Progam diet yang teratur sangatlah di sarankan untuk anda yang mempunyai berat tubuh berlebihan agar terlepas dari diabetes
Mungkin saja beberapa besar telah pernah mendengar bahwa bawang merah berguna dalam menyembuhkan diabetes, tetapi mungkin saja juga baru pertama kalinya dengar. Tenyata bawang merah amat manjur menyembuhkan diabetes. Kandungan Quercetin didalam bawang merah amat manjur kurangi gula darah.
Diluar itu sebagian kandungan zat pada bawang merah bermanfaat menguatkan kapiler tidak tebal. Hingga bawang merah dapat menangulangi Retinopati yang umumnya pada pasien diabetes stadium akhir.
Terkecuali kandungan diatas bawang merah juga memiliki kandungan zat bernama Glukonin. Glukonin ini mempunyai kekuatan yang hampir sama juga dengan insulin dalam menangani kandungan gula dalam darah.
Mengolahnya dapat dengan memasak bawang merah serta dihaluskan sampai mirip gel. Saring serta campur dengan dengan air sampai jadi seperti sup. Minum sup itu pada pagi hari waktu perut masih tetap kosong. Juga sebagai penambahan bawang merah dapat juga di buat jadi lalapan waktu makan. Dapat dengan juga mencampurkan minyak bawang merah dengan sup.
Semoga Bermanfaat

Tips dan Cara Membuat Selai Nanas Sendiri di Rumah

Saat ini..harga nanas di pasaran sudah mulai melambung..1 buah bisa 4 ribu rupiah..wah..memang..buah nanas ini sangat populer ketika mau masuk bulan puasa gini..ketika buah ini banyak di buru untuk pembuatan selai nanas, untuk isian nastar. Nastar adalah kue kering klasik yang wajib ada dan selalu di gemari untuk suguhan kue kue Lebaran. Dari semua kalangan..pasti ada salah satu kue yang di suguhkan adalah kue nasta..dari kelas premium yang memakai butter mahal..dan per toplesnya 100 ribu lebih..sampai dengan nastar yang kelas grosiran yang kadang keras dan selainya dikit banget.

Sebenarnya..kalau aku kunci nastar yang enak, selain kulitnya yang empuk ngeprul..juga kualitas isi selai nanasnya sangat menentukan. jadi..daripada beli selai nanas siap pakai yang ada di pasaran..lebih baik bikin selai nanas sendiri untuk isian nastar  ini..lebih enakk..!

Membuat selai nanas sangatlah mudah, jadi..jika teman2 suka kue nastar..lebih baik segera hunting nanas sekarang untuk di buat selai..soalnya nanti semakin dekat Lebaran harga nanas semakin melambung dan juga kualitasnya jelek..biasalah..karena banyak permintaan..biasanya terus masih muda pun nanan sudah di panen.
nah yang mau buat selai nanas sendiri..aku kasih sedikit tip2 nya..biar hasil selainya tambah oke.

Tips membuat selai nanas :
– Pilihlan nanas yang matang benar, berwarna kuning tua..dan nampak ranum segar, agar aroma selainya semakin harum wangi nanas matang.
– Parut nanas dengan paritan keju yang tajam, sehingga lebih mudah daripad amemakai parutan kelapa..karena kadang2 kita takut ya..tangan kita keparut kalau pakai parutan kelapa..nah kalau pakai parutan keju..lebih aman..dan nggak capek marut nanasnya..^^
РJangan memblender nanas  yang mau di buat selai..karena akan butuh air, jadi nanti akan semakin lama proses memasaknya..karena di parut saja, kandungan air nanas sudah cukup tinggi.
– Panaskan nanas terlebihdahulu..tanpa di campur gula dengan api sedang sampai air nanasnya menguap / menyusut, baru masukkan gula dan kayu manis, hal ini akan mempercepat proses pembuatan selai nanas. Lalu masak hingga selai kesat dan kering.
– Jangan lupa tambahkan sedikit garam, agar rasa selai nanasnya makin enak.
– Jika ingin selai nanas yang semakin kesat dan kering, ratakan di loyang tipis2, kemudian panggang sebentar di oven.
– Bentuk bulat2 kecil selai nanas yang sudah siap..agar lebih mudah sewaktu memasukkan ke dalam kulit nastar dan ukurannya bisa seragam. Semoga bermanfaat..

Oke..udah jelas kan tips2 dan cara membuat selai nanas sendiri di rumah teman2..mudah saja kok..oh ya..perbandingan nanas dan gula sesuai selera aja ya..salah satu contoh resep selai nanas yang sering ku buat begini nich :

Resep Selai Nanas buatan Sendiri
Bahan :
– 500 gram nanas parut
– 100 gram gula pasir ( ssesuaikan selera saj aya kalau soal manis dan tidaknya selai, karena tergantung nanas yang kita gunakan juga..udah manis atau belum )
– 1/8 sendok teh garam
– 3 cm kayu manis batangan

Cara Buat. :
Masak nanas hingga air kering dan menyusut, baru masukkan gula , kayu manis dan garam, aduk terus hingga kesat dan kering. Selai nanas ini bisa di simpan di wadah kedap udara..lalu taruh kulkas..ajdi bisa di gunakan nanti pas mau bikin nastar buat Lebaran..biasalah…kalau kita buatnya deket2 Lebaran.

Kalau nanas di masak dulu tana gula..akan lebih mudah menyusut kandungan airnya, beda jika langsung di tambahkan gula..akan semakin lama proses pembuatan selainya. Liat foto di bawah ya..nanas yang sudah di masak dan kandungan airnay udah menguap..

Resep Martabak Telur Spesial dan Cara Membuat Sederhana

Cara Membuat Resep Martabak Telur Spesial Enak. Salah satu makanan dan jajanan yang sangat populer di Indonesia dan bisa ditemukan hampir di semua wilayah negara kita adalah Resep Martabak. Ya, dengan mudah kita temukan penjual martabak telur, martabak manis dan martabak mini. Bahkan saat ini, beberasa resep turunan dari masakan satu ini, seperti resep martabak tahu, martabak telur tahu dan resep martabak mie pun banyak dicari orang. Seperti resep yang lain, kunci cara membuat martabak yang enak dan lezet selain isinya adalah cara membuat kulit martabak. Tentu saja, isinya pun juga penting, seperti daging cincang, daun bawang dan yang lainnya.

Seperti resep martabak yang lain, kunci dari membuat resep martabak telur yang enak dan lezat terletak pada cara pengolahan dan bahan bahan yang digunakan. Tidak seperti martabak manis yang hanya