Cara Membuat Kue Kering Lebaran

Resep kue kering yang paling banyak dicari dan dibuat untuk persiapan lebaran adalah kue coklat, keju, kacang dan juga kue Nastar yang bentuknya bulat dengan balutan kuning telur di atasnya dan juga selai nanas di tengahnya. Dan dari semua yang disebutkan, kue yang menggunakan campuran cokelat lah yang paling banyak dibuat, sudah tentu karena mulai anak-anak hingga dewasa menyukai rasanya. Bahan utamanya adalah mentega dan terigu. Dua paduan bahan inilah yang paling banyak digunakan saat membuat kue kering, selain telur dan pelengkap lainnya. Rasa dari hasil bikinnya sangat ditentukan oleh pemilihan bahannya dan juga takaran dari tiap bahan yang digunakan. Pastikan menggunakan terigu yang masih baru, jangan yang sudah berkutu atau disimpan beberapa minggu karena yang namanya terigu umumnya hanya bertahan dalam beberapa hari, adapun mentega sekalipun punya daya tahan yang lebih tapi tetap saja disarankan menggunakan yang bentuknya kalengan dan baru saja dibeli karena jika sudah tua dan mengeluarkan bau tengik tentu akan merusak aromanya.
4 Resep Kue Kering Terpopuler dan Cara Membuatnya

Kevalidan macam-macam resep kue lebaran di bawah ini sudah dijamin Caraspot, mulai dari bahan dan takarannya karena itu semua mempengaruhi rasa dan aromanya saat dimakan. Perlu anda ketahui bahwa kue ini bukan hanya untuk keperluan hari raya, selain itu anda juga bisa membuatnya untuk tujuan acara tertentu lainnya seperti pernikahan dan acara penting lainnya, atau bahkan bisa untuk tujuan bisnis. Sudah banyak ibu rumah tangga yang awalnya hanya untuk memenuhi kebutuhan keluarga tapi akhirnya menjadikannya sebagai lahan bisnis yang hasilnya bahkan bisa mengalahkan penghasilan suami setiap bulannya. Tapi semua tergantung ketekunan masing-masing, terutama pada tahap pemasarannya yang dianggap banyak orang sebagai rintangan yang berat.

1.  Resep Kue Kering Coklat Sederhana
Dikatakan kue coklat karena warnanya yang dominan, selain itu karena dalam proses pembuatannya juga ditambahkan banyak coklat bubuk yang merubah adonananya dari warna putih kekuningan menjadi coklat pekat.

Bahan-bahan:
– 150 grm mentega margarin yang masih baru.
– 100 grm gula pasir yang berbentuk tepung atau telah dihaluskan. Sebaiknya menghaluskannya menggunakan alat agar lebih lembut.
– 1 btr telur ayam utuh, yakni putihnya dan kuningnya digunakan bersamaan.
– 1 btr telur, kuningnya saja, sedang putihnya tidak dimasukkan.
– 225 grm tepung terigu yang kandungan proteinnya sedang.
– 25 grm coklat berbentuk bubuk, di toko kue banyak yang menyediakannya, bisa dibeli per kilogram untuk yang bentuknya curah atau langsung per bungkun untuk yang bermerek.
– 30 grm tepung maizena. Umumnya ini dijual dalam bentuk kemasan dan hampir semua brand cocok digunakan, jadi silahkan gunakan yang mana saja.
– 1/2 sdt baking powder. In fungsinya agar kue kering terasa lebih garing saat digigit.
– 50 grm rice crispy
– 100 grm coklat masak putih, agar memberi tampilan lebih berwarna maka cukup dengan dicincang kasar.

Tips:
Untuk variasi kue kering coklat yang anda buat maka sebaiknya tambahkan campuran bahan yang menyatu dengan adonannya nanti, seperti kenari, kacang tanah, rempah, keju dan juga choco chip yang lebih umum digunakan. Tapi ada juga beberapa yang membuatnya dengan variasi warna agar lebih tampil menarik, misalnya dengan dicelup ke dalam coklat putih, atau pun dibuat dalam bentuk 2 warna yang lebih inspiratif.

Cara membuat:
– Awalnya mulai dengan mengocok bahan margarin bersama gula pasir bubuknya kurang lebih 40 detik.
– Selanjutnya, tambahkan telur ke dalamnya, baik yang menggunakan putih telur maupun yang hanya kuningnya saja. Lalu kocok hingga rata lagi.
– Berikutnya masukkan tepung terigu dan juga coklat bubuk sesuai takaran yang disebutkan di atas, tambahkan lagi tepung maizena, dan juga baking powder tapi sambil diayak guna menghindari kotoran kasar yang masih bercampur dengan tepungnya, dan tinggal diaduk hingga rata dan semua bahan tercampur sempurna.
– Lalu masukkan coklat masak putih dan juga rice crispy yang telah disediakan. Aduk sampai rata lagi.
– Nah, jika telah terlihat kalis dan adonan kue keringnya tampak sudah menyatu semua dan tak ada lagi yang menempel di sisi baskom atau wadah pengadukannya, maka tinggal dibentuk saja dan letakkan di atas loyang.
– Panggang dalam oven selama 30 menit lamanya dengan suhu kurang lebih 150 derajat Celsius, tapi bila tidak menggunakan oven listrik, melainkan dengan kompor minyak maka sebaiknya gunakan api sedang saja dan lapisan oven bawahnya dikosongkan saja agar tidak mudah gosong.

Tips untuk menghasilkan kue kering yang enak dan garing
– Agar kue kering yang telah matang tidak lengket di loyang maka sebaiknya diolesi margarin atau mentega terlebih dahulu secara merata.
– Agar masaknya rata dan tidak ada yang gosong maka caranya dengan menukar posisi kue yang sudah terlihat hampir matang dengan yang masih tampak putih belum kecoklatan.
– Untuk menghindari memasukkan telur rusak dalam adonan kue lebaran anda maka caranya dengan menaruh ke dalam mangkuk terlebih dahulu baru kemudian mencampurnya.
– Dalam resep kue kering ini sangat disarankan untuk menghindari menyimpan kue dalam toples tertutup sedang kondisinya masih panas. Caranya, setelah matang letakkan terlebih dahulu di atas nampan yang telah dialasi dengan kertas, dan setelah dirasa dingin betul barulah dimasukkan dan ditutup rapat.